Jurnal Pedagogi Matematika
Vol 11, No 1 (2025): Jurnal Pedagogi Matematika

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN OSBORN DENGAN TEKNIK MNEMONIC TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Firdani, Shaufi (Unknown)
Listyani, Endang (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran Osborn dengan teknik Mnemonic dan model pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan komunikasi matematis dan prestasi belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, dilakukan pada siswa kelas X IPA di SMA Negeri 3 Yogyakarta dengan kelas X IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol.Terdapat 3 hipotesis pada penelitian ini, uji hipotesis menggunakan uji MANOVA. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah: (1) Pembelajaran menggunakan model pembelajaran Osborn dengan teknik Mnemonic efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis dan prestasi belajar matematika siswa, (2) Pembelajaran menggunakan model pembelajaran ekspositori tidak efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis dan prestasi belajar matematika siswa, dan (3) Pembelajaran menggunakan model pembelajaran Osborn dengan teknik Mnemonic terhadap kemampuan komunikasi matematis dan prestasi belajar matematika siswa lebih efektif daripada pembelajaran menggunakan model pembelajaran ekspositori.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pedagogi Matematika ini menerbitkan karya-karya ilmiah dalam bentuk artikel hasil penelitian empiris, hasil kajian sistematik, resensi jurnal, atau letter-to-editor di bidang pendidikan matematika. Ruang lingkup jurnal ini adalah pendidikan matematika, termasuk pembelajaran, kurikulum, media, ...