Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran Osborn dengan teknik Mnemonic dan model pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan komunikasi matematis dan prestasi belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, dilakukan pada siswa kelas X IPA di SMA Negeri 3 Yogyakarta dengan kelas X IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol.Terdapat 3 hipotesis pada penelitian ini, uji hipotesis menggunakan uji MANOVA. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah: (1) Pembelajaran menggunakan model pembelajaran Osborn dengan teknik Mnemonic efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis dan prestasi belajar matematika siswa, (2) Pembelajaran menggunakan model pembelajaran ekspositori tidak efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis dan prestasi belajar matematika siswa, dan (3) Pembelajaran menggunakan model pembelajaran Osborn dengan teknik Mnemonic terhadap kemampuan komunikasi matematis dan prestasi belajar matematika siswa lebih efektif daripada pembelajaran menggunakan model pembelajaran ekspositori.
Copyrights © 2025