Naturalistic : Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 9 No. 2 (2025): Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran

Konsep Segitiga Restitusi dalam Konteks Disiplin Positif Siswa Disekolah Dasar: A Narrative Literature Review

Rudi, Rudi Akmal (Unknown)
Damayanti, Indani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penerapan segitiga restitusi dalam konteks disiplin positif di sekolah dasar masih memerlukan validasi lebih lanjut. Penting untuk mengevaluasi apakah pendekatan ini efektif dalam mengubah perilaku siswa, memperkuat komunitas kelas, dan mengembangkan keterampilan sosial yang positif. Selain itu, penting juga untuk memahami bagaimana guru-guru dapat mengintegrasikan konsep ini ke dalam praktik sehari-hari mereka, serta bagaimana sikap dan keyakinan guru terhadap segitiga restitusi mempengaruhi implementasinya.Tujuan dari Penelitian ini untuk memberikan wawasan yang mendalam mengenai penerapan dan dampak dari konsep segitiga restitusi, serta memberikan dasar bagi pengembangan praktik disiplin positif yang lebih efektif di sekolah dasar. Metode penelitian ini adalah narrative literature review (NLR), yang secara eksplisit, sistematis, dan dapat direplikasi, digunakan untuk mengidentifikasi, mengevaluasi, dan menyusun karya yang ditulis dengan hasil pemikiran oleh praktisi atau peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan konsep segitiga restitusi dalam disiplin positif di sekolah dasar dapat membawa manfaat signifikan dalam pembentukan karakter siswa dan lingkungan belajar yang lebih positif. Meskipun terdapat tantangan dalam implementasinya, pendekatan ini terbukti efektif dalam meningkatkan perilaku siswa menjadi lebih baik lagi, memperbaiki hubungan sosial, dan menciptakan suasana kelas yang lebih inklusif. Rekomendasi untuk praktik terbaik dan dukungan tambahan bagi pendidik dapat meningkatkan keberhasilan penerapan konsep ini dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi siswa. Dengan demikian, hasil penelitian ini dapat membantu dalam merumuskan kebijakan dan strategi yang lebih baik untuk mendukung pengembangan karakter dan perilaku siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

naturalistic

Publisher

Subject

Education

Description

Lingkup artikel yang diterima adalah: 1. Metodologi Pembelajaran (Pendekatan, Media, Metode, Model, Strategi) 2. Pedagogik 3. Filsafat Pendidikan 4. Psikologi Pendidikan 5. Kurikulum 6. Pendidikan Agama 7. Pendidikan Dasar (Pendidikan dan Pembelajaran, IPA, IPS, PKn, B. Indonesia, Matematika, B. ...