Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA)
Vol. 7 No. 01 (2024): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 07, No. 01, Mei 2024

Upaya Meningkatkan Keterampilan Tendangan Kuda melalui Media Sabuk pada Siswa Ekstrakurikuler SMA

Putriani, Marisha (Unknown)
Lubis, Johansyah (Unknown)
Hasyim, Andi Hasriadi (Unknown)
Prabowo, Eko (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan tendangan double B melalui alat bantu media berupa sabuk. Metode penelitian tindakan kelas pada siswa ekstrakurikuler SMA Negeri 8 Kota Bogor yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan instrumen tes tendangan kuda-kuda yang berjumlah 20 aspek penilaian yang telah direvisi oleh 3 orang pakar di bidang pencak silat. Penelitian ini menggunakan 1 siklus yang terdiri dari 5 kali pertemuan dan 1 kali observasi. Dalam penelitian ini diperoleh hasil latihan teknik tendangan kuda-kuda dengan menggunakan media sabuk Siswa Ekstrakurikuler SMA Negeri 8 Kota Bogor nilai rata-rata pada saat tes awal sebesar 89,5 dan pada saat siklus I baru dilaksanakan menunjukkan nilai rata-rata sebesar 100. Siswa yang berhasil pada saat tes awal sebanyak 3 siswa atau 15% dari 20 siswa. Kemudian keberhasilan siswa pada tes siklus I sebanyak 20 siswa atau 100%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpja

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan November, memuat artikel berisi hasil penelitian dalam bidang Pendidikan Jasmani dan Pendidikan Inklusi. Jurnal Pendidikan Jasmani dan adaptif memuat artikel yang meliputi ide-ide konseptual, teori pembelajaran ...