Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA)
Vol. 7 No. 02 (2024): Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif, Volume 07, No. 02, November 2024

Pengaruh Outdoor Education Untuk Meningkatkan Gerak Dasar Lokomotor Pada Anak Usia 5-6 Tahun

Apriyanti, Selvia (Unknown)
Wasan, Aan (Unknown)
Widyawan, Dena (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meninjau sejauh mana kegiatan pembelajaran di luar kelas untuk membentuk gerak dasar lokomotor pada anak. penelitian dilaksanakan di TK RIA Pembangunan, Jakarta Timur, DKI Jakarta. Adapun waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Juni Tahun Ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-eksperimen dengan Pre Test dan Post Test Design. Populasi dalam peelitian ini adalah anak kelas Tk B TK RIA Pembangunan. Sampel penelitian adalah anak Tk B Tahun Ajaran 2023/2024 sebanyak 15 anak. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner dan Treatment. Kemudian dalam penelitian ini menggunakan teknik statistik uji-t dengan hasil T-Value sebesar 16,11 yang menunjukkan adanya pengaruh outdoor education dalam meningkatkan gerak dasar lokomotor pada anak usia 5-6 tahun.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpja

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA) terbit dua kali setahun pada bulan Mei dan November, memuat artikel berisi hasil penelitian dalam bidang Pendidikan Jasmani dan Pendidikan Inklusi. Jurnal Pendidikan Jasmani dan adaptif memuat artikel yang meliputi ide-ide konseptual, teori pembelajaran ...