de Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 8 No. 1 (2025)

SYSTEMATICS LITERATURE REVIEW : TREN PENELITIAN TENTANG MODEL PEMBELAJARAN SSCS (Search, Solve, Create, and Share) TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI INDONESIA

Rofifah, Jihan (Unknown)
Meiliasari, Meiliasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur terkait dengan trend penelitian model pembelajaran SSCS terhadap pembelajaran matematika di Indonesia pada jenjang SD, SMP, SMA dan kuliah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR). Pengumpulan data dilakukan dengan mengidentifikasi dan menganalisis melalui pencarian rujukan yang bersumber dari Publish or Perish (PoP) dan google scholar. Sampel terdiri dari jurnal ter-indeks SCOPUS, ERIC, SPRINGER, sinta 1-6 selama kurun waktu pada tahun 2020-2025. Setelah itu diperoleh 110 artikel yang sesuai dengan kata kunci model pembelajaran SSCS terhadap pembelajaran matematika peserta didik di Indonesia dan terdapat 23 artikel yang terpilih sesuai dengan ketentuan penelitian yang dilakukan. Hasil dari analisis kajian literatur dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran SSCS paling banyak dilakukan menggunakan kemampuan pemecahan masalah di jenjang SMP pada tahun 2020. Sedangkan artikel mengenai model pembelajaran SSCS terhadap pembelajaran matematika banyak di publikasi pada jurnal terindeks sinta 3 pada jenis penelitian kuantitatif. Peneliti menemukan hampir semua penelitian menyatakan bahwa penggunaan model pembelajaran SSCS cukup mempengaruhi peningkatan kemampuan matematis siswa, namun ada satu artikel yang mengatakan tidak ada pengaruh ketika menggunakan model pembelajaran SSCS

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

DEFERMAT

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Jurnal de Fermat adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Balikpapan. Terbit dalam dua kali setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember. ...