Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen asesmen pembelajaran matematika pada materi transformasi geometri dengan menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D, yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Instrumen asesmen yang dikembangkan berupa soal uraian berbasis paper-based yang disesuaikan dengan tingkat pemahaman peserta didik. Hasil validasi dari ketiga validator menunjukkan bahwa instrumen masing-masing berada pada kategori “Sangat Layak”, “Layak”, dan “Sangat Layak”. Uji coba dilakukan dua kali untuk menilai efektivitas instrumen, baik dari segi validitas dan reliabilitas secara empiris, maupun dari kemampuannya dalam memetakan tingkat pemahaman siswa sesuai pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL). Analisis butir soal menunjukkan bahwa instrumen memiliki validitas dan reliabilitas yang baik. Dengan demikian, instrumen asesmen ini layak digunakan sebagai alat bantu evaluasi dalam pembelajaran matematika berbasis pendekatan TaRL untuk meningkatkan pemahaman siswa secara optimal sesuai dengan tingkat kemampuannya
Copyrights © 2025