de Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 8 No. 1 (2025)

PPengembangan Instrumen Asesmen Pembelajaran Matematika Materi Transformasi Geometri Dengan Pendekatan Teaching At The Right Level (Tarl) Di Kelas Xi Mipa SMA Negeri 1 Tomohon

Ngantung, Meisy Mariani (Unknown)
Tilaar, Anetha Lyta Flora (Unknown)
Ali, Ermita (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen asesmen pembelajaran matematika pada materi transformasi geometri dengan menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D, yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Instrumen asesmen yang dikembangkan berupa soal uraian berbasis paper-based yang disesuaikan dengan tingkat pemahaman peserta didik. Hasil validasi dari ketiga validator menunjukkan bahwa instrumen masing-masing berada pada kategori “Sangat Layak”, “Layak”, dan “Sangat Layak”. Uji coba dilakukan dua kali untuk menilai efektivitas instrumen, baik dari segi validitas dan reliabilitas secara empiris, maupun dari kemampuannya dalam memetakan tingkat pemahaman siswa sesuai pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL). Analisis butir soal menunjukkan bahwa instrumen memiliki validitas dan reliabilitas yang baik. Dengan demikian, instrumen asesmen ini layak digunakan sebagai alat bantu evaluasi dalam pembelajaran matematika berbasis pendekatan TaRL untuk meningkatkan pemahaman siswa secara optimal sesuai dengan tingkat kemampuannya

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

DEFERMAT

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Jurnal de Fermat adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Balikpapan. Terbit dalam dua kali setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember. ...