Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 3 No 1 (2019): Tarbawiyah : Jurnal Ilmiah Pendidikan

MEMBACA PELUANG DAN TANTANGAN PARADIGMA BARU PENDIDIKAN ISLAM DI ERA MILLENIAL

Khalis, Nur (Unknown)
Akhiruddin, akhiruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2019

Abstract

Tulisan ini berupaya mendeskripsikan paradigma baru pendidikan Islam di era millenial. Bagi dunia pendidikan Islam, era global dan millenial menyimpan banyak pekerjaan, peluang dan tantangan yang harus diselesaikan dan dijawab. Salah satu diantaranya adalah generasi muda Islam telah banyak yang terpapar millenial effect, sehingga berdampak pada sikap dan perilaku yang muncul. Kecenderungan dan ketergantungan pada teknologi dan komunikasi menjadi fenomena yang paling sering terlihat. Generasi muda Islam mulai banyak yang menghabiskan waktunya di depan telpon genggamnya. Silaturrahmi, tatap muka dan berdiksusi menjadi hal yang jarang terlihat. Munculnya era millenial ini, idealnya segara direspon cepat oleh dunia pendidikan Islam. Hakikat dan tujuan dari pendidikan Islam sangatlah jelas, yakni menciptakan insan kamil. Butuh kiat dan strategi tersendiri dalam mewujudkan tujuan pendidikan Islam di tengah-tengah pergumulan era millenial. Oleh sebab itu, pendidikan Islam harus berani merekonstruksi atau mereformulasi paradigma pendidikannya, sehingga mampu tampil dan bersaing di tengah gelombang millenial.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

tarbawiyah

Publisher

Subject

Education

Description

Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan is a scientific periodical journals that managed by peer-review, in which other scientists (peer-review) evaluate the article’s value and credibility before published. This journal is dedicated to publish scientific articles in the study of Islamic education ...