INDOPEDIA (Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan)
Vol. 3 No. 2 (2025): JUNI 2025

PENGGUNAAN BUKU CERITA BERGAMBAR TERHADAP PERKEMBANGAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN

Dewi, Nirmala (Unknown)
R , Nasaruddin (Unknown)
Naba , Abd Hakim (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini berjudul "Penggunaan Buku Cerita Bergambar terhadap Perkembangan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5–6 Tahun di RA Prestasi Ummi Annurah". Tujuan dari penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pemanfaatan buku cerita bergambar digunakan untuk kegiatan pembelajaran serta peran media tersebut terhadap perkembangan kemampuan berbicara anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan buku cerita bergambar dilakukan dengan perencanaan yang matang dan langkah pembelajaran yang tersusun rapi oleh guru. Anak-anak menunjukkan keterlibatan aktif dalam kegiatan bercerita, mampu menyampaikan ide, menjawab pertanyaan, mengungkapkan pendapat, serta menceritakan kembali isi cerita yang dibacakan. Anak juga lebih mudah memahami isi cerita dan berani berinteraksi secara lisan dengan guru maupun teman. Buku cerita bergambar memiliki peran penting sebagai media yang interaktif dan menarik dalam menstimulasi perkembangan kemampuan berbicara pada anak usia dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Education

Description

INDOPEDIA : Journal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan contains writings/articles on the results of thoughts and research results written by teachers, lecturers, experts, scientists, practitioners, and reviewers in all disciplines related to Education and Teaching. Scopes INDOPEDIA : Journal ...