LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA
Vol. 15 No. 1 (2025): Mei 2025

INOVASI PEMBELAJARAN IPA DENGAN PENDEKATAN STEM PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

Fajarwati, Lusy (Unknown)
Nuryantini, Ade Yeti (Unknown)
Windayani, Neneng (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jan 2025

Abstract

Inovasi Pembelajaran IPA Dengan Pendekatan Stem Pada Materi Pesawat Sederhana Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Inovasi pembelajaran IPA sangat penting untuk mempersiapkan siswa menghadapi tantangan abad 21, yang menuntut keterampilan di bidang sains, teknologi, rekayasa, dan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pembelajaran IPA dengan pendekatan STEM pada materi pesawat sederhana melalui pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini menggunakan desain kuasi eksperimen dengan dua kelompok siswa. Kelompok pertama menerima pembelajaran STEM yang dikombinasikan dengan pembelajaran berdiferensiasi, sementara kelompok kedua hanya menggunakan pendekatan STEM. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan observasi keterlibatan siswa. Hasil analisis statistik menunjukkan perbedaan signifikan antara kedua kelompok (p = 0,000), di mana kelompok eksperimen menunjukkan hasil yang lebih baik. Pembelajaran berdiferensiasi terbukti meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan hasil belajar siswa. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan model pembelajaran yang lebih inklusif dan adaptif.

Copyrights © 2025