Jurnal Kualitas Pendidikan
Vol 3 No 2 (2025)

Mengamati Perkembangan Anak Kelas 6 SD Melalui Kunjungan Rumah

Lubis, Ramadan (Unknown)
Asrini Batubara, Azzahra Rezekina (Unknown)
Caniago, Khairunnisa (Unknown)
Marpaung, Sri Rizki Azzakia (Unknown)
Handayani, Dewi (Unknown)
Maulana, Hafiz (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2025

Abstract

Perkembangan anak kelas 6 Sekolah Dasar merupakan fase penting yang menandai akhir masa kanak-kanak dan awal masa pra-remaja. Pada tahap ini, anak mengalami perkembangan yang kompleks dan saling terkait dalam aspek fisik, kognitif, sosial, dan emosional. Secara fisik, anak kelas 6 mulai menunjukkan pertumbuhan yang lebih cepat sebagai bagian dari proses pubertas, yang dapat mencakup perubahan tinggi badan, peningkatan massa otot, serta munculnya ciri-ciri seksual sekunder, meskipun tingkat perkembangannya dapat berbeda antara laki-laki dan perempuan. Aspek kognitif juga mengalami peningkatan signifikan, di mana anak mulai mampu berpikir logis, memahami konsep abstrak, dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Mereka menunjukkan kemampuan yang lebih baik dalam memecahkan masalah, memahami hubungan sebab-akibat, serta merencanakan dan mengevaluasi tindakan. Mereka semakin peka terhadap norma sosial dan sering kali terlibat dalam kerja sama kelompok, namun juga dapat menghadapi tekanan dari teman sebaya. Selain itu, hubungan dengan keluarga tetap penting, namun anak mulai menunjukkan keinginan untuk lebih mandiri. Aspek emosional anak pada tahap ini ditandai dengan kesadaran diri yang meningkat dan kemampuan yang lebih baik dalam mengelola emosi. Mereka mulai memahami perasaan sendiri dan orang lain, meskipun masih mungkin mengalami kebingungan dalam menghadapi perasaan baru yang lebih kompleks.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jkp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Kualitas pendidikan is Published by CV. Edu Tech Jaya. This journal aims to publish and disseminate original works and current issues on the subject of research and studies in the field of education. Articles published in journals are the result of research or ideas in the field of education ...