Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman etika bisnis Islam dalam persaingan usaha terhadap perilaku pedagang muslim. Teknik pengumpulan data menggunakan pembagian angket. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang pedagang Muslim di Pasar Aceh Kota Banda Aceh. Teknik Analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif etika bisnis Islam terhadap persaingan usaha. dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara variabel etika bisnis Islam dalam persaingan usaha terhadap perilaku pedagang Muslim di Pasar Aceh Kota Banda Aceh. Koefisien determinasi ( ) adalah sebesar 0,344 atau 34,4%. Hal ini menunjukan bahwa sumbangan variabel pemahaman etika bisnis Islam dalam persaingan usaha terhadap perilaku pedagang muslim hanya sebesar 34,4% sisanya sebesar 65,6% dipengaruhi oleh variabel diluar penelitian ini.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024