Penelitian ini dilakukan untuk melihat dan menilai seberapa efektif penggunaan metode Cooperative Learning dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di tingkat Sekolah Dasar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature review, dengan menganalisis berbagai jurnal, buku, dan artikel ilmiah yang berkaitan dengan topik yang dibahas. Data dikumpulkan melalui pemilihan sumber literatur yang terpercaya, kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mengidentifikasi, membandingkan, serta menyintesis temuan dari berbagai referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Cooperative Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, baik dalam memahami konsep IPS, meningkatkan partisipasi aktif dalam proses pembelajaran, maupun mengembangkan keterampilan sosial mereka. Sejumlah studi empiris mengungkapkan bahwa penerapan metode ini mampu meningkatkan pencapaian akademik, memotivasi siswa untuk belajar, serta memperkuat interaksi sosial di dalam kelas. Selain itu, metode ini juga berperan dalam melatih kemampuan berpikir kritis dan kerja sama dalam kelompok. Dengan demikian, penerapan Cooperative Learning dalam pembelajaran IPS direkomendasikan sebagai strategi yang dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran di Sekolah Dasar.
Copyrights © 2025