Sosial Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan IPS
Vol 5, No 1 (2025): APRIL 2025

Keefektifan Penggunaan Metode Cooperative Learning pada Pembelajaran IPS untuk Sekolah Dasar

Putri, Dwi Marsa (Unknown)
Adrias, Adrias (Unknown)
Syam, Salmaini Safitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat dan menilai seberapa efektif penggunaan metode Cooperative Learning dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di tingkat Sekolah Dasar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature review, dengan menganalisis berbagai jurnal, buku, dan artikel ilmiah yang berkaitan dengan topik yang dibahas. Data dikumpulkan melalui pemilihan sumber literatur yang terpercaya, kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mengidentifikasi, membandingkan, serta menyintesis temuan dari berbagai referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Cooperative Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, baik dalam memahami konsep IPS, meningkatkan partisipasi aktif dalam proses pembelajaran, maupun mengembangkan keterampilan sosial mereka. Sejumlah studi empiris mengungkapkan bahwa penerapan metode ini mampu meningkatkan pencapaian akademik, memotivasi siswa untuk belajar, serta memperkuat interaksi sosial di dalam kelas. Selain itu, metode ini juga berperan dalam melatih kemampuan berpikir kritis dan kerja sama dalam kelompok. Dengan demikian, penerapan Cooperative Learning dalam pembelajaran IPS direkomendasikan sebagai strategi yang dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran di Sekolah Dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPIPS

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

SOSIAL KHATULISTIWA Jurnal Pendidikan IPS (SKJPI) is an open access, and peer-reviewed journal. SKJPI aims to disseminate Conceptual thinking or ideas, reviews, and research findings/results in Social Studies Education. The results of research and analysis contained in the journal accommodate ...