Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas model pembelajaran berbasis gamifikasi dalam meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa di SD EKO Pasantren. Fokus penelitian adalah penerapan elemen-elemen gamifikasi seperti poin, level, tantangan, penghargaan, dan kompetisi dalam proses pembelajaran untuk materi surah al-Ghasyiah. Metode penelitian menggunakan pendekatan pengembangan dengan tahapan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket motivasi, dan pengukuran keterlibatan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan gamifikasi berhasil meningkatkan motivasi belajar siswa secara signifikan dan meningkatkan keterlibatan mereka dalam pembelajaran. Meskipun terdapat beberapa kendala seperti keterbatasan fasilitas dan adaptasi guru terhadap teknologi, model pembelajaran ini terbukti valid, praktis, dan efektif. Dengan demikian, model pembelajaran berbasis gamifikasi dapat menjadi alternatif inovatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan media pembelajaran yang menarik dan bermakna bagi siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025