Edulab : Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan
Vol. 10 No. 1 (2025)

Digital Madrasah Management Model Based on the Exambro Application in Islamic Education Learning: A Case Study at MAN 2 Rembang: Model Manajemen Madrasah Digital Berbasis Aplikasi Exambro pada Pembelajaran PAI: Studi Kasus di MAN 2 Rembang

Maghfiroh, Rida'ul (Unknown)
Munajat, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2025

Abstract

Abstract Purpose – This study aims to explore the management, policies, program implementation, challenges, and alternative solutions related to the implementation of the Digital Madrasah program at MAN 2 Rembang. Design/methods/approach – Employing a qualitative field-based case study approach, data were collected through observation, interviews, and document analysis. Primary data were obtained directly from key informants, including the Madrasah Principal, Vice Principals for Curriculum and Facilities, Islamic Education (PAI) teachers, and students. Secondary data were drawn from administrative and instructional documents. Data analysis involved reduction, display, and conclusion drawing. Findings – (1) The Digital Madrasah program at MAN 2 Rembang is managed in accordance with the guidelines of the Ministry of Religious Affairs and the Ministry of Education. (2) Management is guided by official policies and implementation manuals. (3) Program implementation follows UNESCO’s ICT integration stages: emerging, applying, integrating, and transforming. (4) Key challenges include infrastructure limitations, varying digital competencies, data security concerns, exam dishonesty, limited funding, and weak oversight. (5) Proposed solutions include enhancing technological infrastructure and competencies, fostering external collaboration, and implementing continuous evaluation. Research implications/limitations – This study supports the effective implementation of the Digital Madrasah program using the Exambro application in accordance with Ministry of Religious Affairs guidelines. However, its scope is limited to a single institution, with a short data collection period and no assessment of learning outcomes. Future studies should adopt quantitative and comparative approaches for broader insights. Originality/value – This study contributes to the advancement of the Digital Madrasah initiative by integrating the Exambro application into Islamic Education learning. The findings offer practical guidance for educators and curriculum developers in designing more effective instructional strategies and provide a replicable management framework adaptable to other madrasahs. Abstrak Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji manajemen, kerangka kebijakan, proses implementasi, tantangan, serta solusi alternatif terkait pelaksanaan program Madrasah Digital di MAN 2 Rembang.Desain/metodologi/pendekatan – Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Data primer diperoleh dari para informan kunci, termasuk kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum dan sarana, guru Pendidikan Agama Islam (PAI), serta peserta didik. Data sekunder bersumber dari dokumen administratif dan pembelajaran. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Temuan – (1) Program Madrasah Digital di MAN 2 Rembang dikelola sesuai dengan pedoman yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan. (2) Manajemen program didasarkan pada kebijakan resmi dan buku panduan pelaksanaan. (3) Implementasi program mengikuti tahapan integrasi TIK menurut UNESCO: emerging, applying, integrating, dan transforming. (4) Tantangan utama meliputi keterbatasan infrastruktur, ketimpangan kompetensi digital, risiko keamanan data, kecurangan dalam ujian, keterbatasan pendanaan, dan lemahnya pengawasan. (5) Solusi yang diusulkan mencakup peningkatan infrastruktur teknologi dan kompetensi digital, penguatan kolaborasi eksternal, serta pelaksanaan evaluasi berkelanjutan.Implikasi/batasan penelitian – Penelitian ini mendukung implementasi efektif program Madrasah Digital, khususnya melalui penggunaan aplikasi Exambro yang sesuai dengan ketentuan Kementerian Agama. Namun, cakupan penelitian terbatas pada satu lembaga pendidikan, dengan waktu pengumpulan data yang relatif singkat dan tanpa pengukuran langsung terhadap hasil belajar. Penelitian selanjutnya disarankan menggunakan pendekatan kuantitatif atau komparatif untuk memperoleh wawasan yang lebih luas.Keaslian/kontribusi nilai – Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan inisiatif Madrasah Digital melalui integrasi aplikasi Exambro dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Temuan penelitian ini menawarkan panduan praktis bagi pendidik dan pengembang kurikulum dalam merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif serta menyediakan model manajemen madrasah digital yang dapat direplikasi dan disesuaikan di berbagai konteks.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edulab

Publisher

Subject

Education

Description

Edulab : Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan e-ISSN: 2527-7200 adalah majalah berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Pranata Laboratorium Pendidikan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. Majalah Ilmiah Edu Lab terbit setiap bulan Juni dan Desember setiap tahun. Majalah Ilmiah Edu ...