Umumnya siswa memiliki cara tersendiri dalam proses belajar. Salah satu perbedaannya terletak dalam kemampuan mengatur diri dalam belajar (self-regulated learning). Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi pengaturan diri dalam belajar salah satunya efikasi diri akademik. Efikasi diri akademik dapat mempengaruhi siswa memilih tindakan, usaha, arah dan tujuan, Tujuan penelitian untuk mengetahui kategori efikasi diri akademik dan pengaturan diri dalam belajar serta untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri akademik dengan pengelolaan diri dalam belajar pada siswa di MAS. Penelitian menggunakan metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian memakai teknik totality sampling atas 65 siswa MAS. Instrumen penelitian menerapkan skala efikasi diri akademik dan pengaturan diri dalam belajar. Teknik analisis data yang digunakan yakni product moment. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara efikasi diri akademik dengan pengaturan diri dalam belajar.
Copyrights © 2025