Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi
Vol 6, No 2 (2025): Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi

Efikasi Diri Akademik dengan Pengaturan Diri dalam Belajar pada Siswa

Nofera, Findri (Unknown)
Pismawenzy, Pismawenzy (Unknown)
Octavia, Indah Andika (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 May 2025

Abstract

Umumnya siswa memiliki cara tersendiri dalam proses belajar. Salah satu  perbedaannya terletak dalam kemampuan mengatur diri dalam belajar (self-regulated learning). Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi pengaturan diri dalam belajar salah satunya efikasi diri akademik. Efikasi diri akademik dapat mempengaruhi siswa memilih tindakan, usaha, arah dan tujuan, Tujuan penelitian untuk mengetahui kategori efikasi diri akademik dan pengaturan diri dalam belajar serta untuk mengetahui hubungan antara efikasi diri akademik dengan pengelolaan diri dalam belajar pada siswa di MAS. Penelitian menggunakan metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian memakai teknik totality sampling atas 65 siswa MAS. Instrumen penelitian menerapkan skala efikasi diri akademik dan pengaturan diri dalam belajar. Teknik analisis data yang digunakan yakni product moment. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara efikasi diri akademik dengan pengaturan diri dalam belajar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Psikobuletin

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Physics Social Sciences

Description

Psikobuletin: Buletin Ilmiah Psikologi merupakan buletin ilmiah online yang mempublikasikan naskah empirik dan non empirik. Naskah emprik meliputi hasil penelitian dan pengabdian masyarakat berbasis riset dalam bidang psikologi. Sedangkan naskah non empirik meliputi review teoritis dan pemikiran ...