Ruas Jalan Sulawesi Kota Makassar arus lalu lintasnya menggunakan sistem satu arah, di ruas jalan ini volume lalu lintas kendaraan cukup padat ditambah aktivitas hambatan samping yang tinggi karena menjadi kawasan bisnis perdagangan seperti perkantoran, perbankan, pertokoan, restaurant, dan pusat perbelanjaan yang menjadi tempat terjadinya transaksi penjual dengan pembeli serta terdapat tempat peribadatan. Oleh karena itu dilakukan penelitian tentang dampak hambatan samping terhadap kinerja ruas jalan Sulawesi kota Makassar menggunakan metode dari MKJI 1997. Dengan kesimpulan Hambatan samping pada ruas Jalan Sulawesi Kota Makassar pada kondisi eksisting didapatkan tertinggi terjadi pada hari Selasa di titik 2 (Depan Duta Bearing) dengan frekuensi berbobot hambatan samping sebesar 502 Kej/Jam atau 3,42% dari jumlah total frekuensi berbobot kejadian hambatan samping di titik 2 (Depan Duta Bearing) sebanyak 14679 Kej/Jam, termasuk kelas hambatan samping tinggi (H) dengan kondisi daerah niaga dengan aktifitas sisi jalan yang sangat tinggi. Hal ini terbukti bahwa hambatan samping berdampak singnifikan terhadapa kinerja ruas Jalan Sulawesi Kota Makassar karena mengakibatkan berkurangnya kecepatan dan kapasitas serta menurunkan kualitas tingkat pelayanan jalan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023