Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan dari studi kasus. Metode yang digunakan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika menggunakan metode Newman. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 2 Kebumen kelas VIII pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Cara pengambilan subjek dalam penelitian ini adalah dengan purposife sampling, dengan pertimbangan siswa kelas VIII semester genap yang sudah mempelajari materi dan meminta rekomendasi dari guru yang sesuai dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes soal cerita, wawancara, dan catatan lapangan. Teknik analisis dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukan kesalahan yang dilakukan siswa berdasarkan metode Newman diantaranya: kesalahan membaca (siswa tidak mampu membaca/ mengenali symbol dari kalimat dan siswa tidak mampu memaknai arti dari kata/ simbol), kesalahan dalam memahami masalah (siswa tidak memahami apa yang diketahui dari soal cerita secara lengkap dan siswa tidak memahami apa yang ditanyakan oleh soal), kesalahan dalam transformasi (siswa tidak mampu membuat model matematis dari informasi yang diperoleh dari soal dan siswa tidak mengetahui metode yang akan digunakan dalam menyelesaikan soal, kesalahan keterampilan proses (siswa tidak menggunakan prosedur yang tepat untuk menyelesaikan operasi dan siswa melakukan kesalahan dalam mengoperasikan perhitungan), kesalahan penulisan akhir jawaban (siswa tidak mampu menemukan hasil akhir dari soal berdasarkan prosedur yang telah digunakan dan siswa tidak menyimpulkan jawaban akhir sesuai dengan kalimat matematika dan perintah dari soal).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025