AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA
Vol. 3 No. 3 (2025): AL - KAFF: Jurnal Sosial Humaniora

ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA LAMBAN BELAJAR (STUDI KASUS PESERTA DIDIK KELAS VI SDN CARANG PULANG 01)

Anisah, Fida (Unknown)
Febriani Sya, Mega (Unknown)
Annissa Mawardini (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Kegiatan membaca permulaan merupakan bagian awal dari membaca di kelas rendah, di mana peserta didik memahami rangkaian kata huruf sebagai bunyi bahasa. Berdasarkan fakta yang ada bahwa masih ada peserta didik kelas VI yang masih belum lancar dalam membaca permulaan. Rendahnya minat membaca bisa berakibat buruk bagi peserta didik itu sendiri yang nantinya akan tertinggal pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam mengenai penyebab kesulitan membaca permulaan, dilaksanakan di SDN Carang Pulang 01, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Adapun instrumen pengumpulan data dengan tes membaca, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VI, guru kelas I-VI, dan orang tua. Prosedur analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan membaca peserta didik mengalami kesulitan membaca kata sederhana, tetapi dalam mengenal huruf vokal (a, i. u. e, o) sudah bisa dalam menyebutkannya. Selain itu anak juga belum bisa membaca kata yang terdiri dari lima dan enam huruf atau lebih, terkadang saat membaca masih ada yang salah dalam penyebutannya. Hal ini diakibatkan oleh beberapa faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal, yang mengakibatkan anak belum lancar membaca.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

al-kaff

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Mathematics Other

Description

AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA is an Indonesian language scientific journal portal published by the Faculty of Islamic Religion and Teacher Education and published four times a year in February, April, June, and December, with an open submission process throughout the year. All submitted ...