Polynom: Journal in Mathematics Education
Vol. 4 No. 1 (2024): Maret 2024

Eksplorasi Etnomatematika dalam Tabut Bansal Kota Bengkulu: Penerapannya dalam Pembelajaran Kesebangunan dan Kekongruenan

Aida Nurhasanah (Unknown)
Raekha Azka (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 May 2025

Abstract

Pendidikan menjadi salah satu aspek penting bagi keberlangsungan hidup manusia juga dalam berbangsa dan bernegara. Indonesia merupakan negara berkembang, sehingga pendidikan di Indonesia patut menjadi salah satu point penting untuk dimajukan demi terciptanya negara yang berkemajuan. Beberapa data menunjukkan bahwa pendidikan di Indonesia berada di peringkat yang tergolong rendah terkhusus pada matematika. Dalam pembelajaran matematika, proses belajar dengan dikaitkan budaya telah menjadi tren di beberapa tahun terakhir, ini dikenal dengan etnomatematika. Bengkulu merupakan salah satu kota dengan warisan kebudayaan yang cukup kaya, Tabut Bansal adalah salah satunya. Tabut Bansal bukan hanya sekadar artefak budaya, tetapi juga merupakan penanda sejarah dan identitas masyarakat Bengkulu yang kental dengan nilai-nilai lokal. Tabut Bansal dengan keindahan dan kompleksitasnya memiliki banyak peluang untuk dieksplorasi, terkhusus dalam konteks pembelajaran matematika yaitu konsep kekongruenan dan kesebangunan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dapat mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang kekongruenan dan kesebangunan dalam belajar matematika dari perspektif yang baru yaitu Tabut Bansal.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Polynom

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Polynom: Journal in Mathematics Education mencakup penelitian asli dalam pendidikan matematika dan tidak diserahkan ke jurnal atau konferensi lain dari berbagai bidang penelitian seperti penelitian dan pengembangan, penelitian eksperimental, survei, penelitian tindakan kelas, dll. Jurnal ini ...