JAR'S (Journal of Advanced Research in Informatics)
Vol 3 No 2 (2025): Journal of Advanced Research in Informatics

Strategi Pemasaran Berbasis Data Analisis Pola Pembelian Konsumen Online dengan Algoritma Apriori

Azizy, Nala Kamila (Unknown)
Fhaeza, Veronnica Noer (Unknown)
Hafiz, Muhammad (Unknown)
Sunandi, Etis (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2025

Abstract

Di era digital saat ini, strategi pemasaran berbasis data menjadi elemen kunci dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan algoritma Apriori dalam menentukan pola pembelian konsumen berdasarkan data transaksi penjualan online. Penerapan metode data mining digunakan untuk mengolah dataset transaksi online retail untuk mengidentifikasi aturan asosiasi antar produk yang sering dibeli bersama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa algoritma Apriori dapat secara efektif mengidentifikasi kombinasi produk dengan tingkat dukungan dan kepercayaan diri yang tinggi. Aturan asosiasi yang didperoleh dapat dimanfaatkan dalam strategi pemasaran seperti rekomendasi paket (bundling), diskon, dan optimalisasi pemasaran. Dengan demikian, pemanfaatan algoritma Apriori dalam analisis data ritel online dapat meningkatkan efektivitas pemasaran dan mendorong pertumbuhan bisnis yang lebih berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JARS

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Sistem Informasi Sistem Pakar Sistem Pendukung Keputusan Data Mining Artificial Intelligence System Machine Learning Big ...