Media video animasi merupakan media yang menggabungkan unsur suara dan gambar bergerak sehingga peserta didik dapat lebih mudah memahami materi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta didik kelas XI SMAN 10 Mataram pada materi reproduksi tumbuhan melalui penggunaan media video animasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dimana pada setiap siklus dilaksanakan melaui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran video animasi secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep reproduksi pada tumbuhan, ditandai dengan peningkatan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik dari siklus pertama ke siklus kedua. Berdasarkan hasil observasi dan evaluasi yang dilakukan, peserta didik terlihat lebih aktif dan antusias dalam proses pembelajaran, dan mereka menunjukkan pemahaman yang lebih baik mengenai materi yang dipelajari. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media pembelajaran visual interaktif video animasi dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas XI SMAN 10 Mataram terhadap materi reproduksi tumbuhan dan dapat menjadi salah satu alternatif yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik
Copyrights © 2025