Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 10 No. 2 (2025): Mei

Peningkatan Hasil Belajar Matematika Berbantuan Media Konkrit Papan Digram Kelas V SDN Pamitran

Yusuf, Muhammad (Unknown)
Rochmah, Eliya (Unknown)
Effendi, Rima (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2025

Abstract

Matematika digunakan dalam kehidupan sehari-hari sebagai alat pemecahan masalah dalam upaya mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan analitis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika dengan bantuan media konkrit papan diagram pada materi penyajian data di kelas V SDN Pamitran Kota Cirebon. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 1 tahapan pra-siklus dan 2 kali siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan tes tulis. Teknik analisis data yang digunakan berupa deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi awal saat pra siklus ketuntasan belajar peserta didik sebesar 7,4%. Setelah itu, dilakukan perbaikan dan tindakan sehingga terjadi peningkatan hasil ketuntasan belajar sebesar 63% pada siklus I dan meningkat menjadi 85% pada siklus II. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media konkrit berupa papan diagram dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik pada materi penyajian data di kelas V.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...