Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 10 No. 2 (2025): Mei

Penerapan Model PjBL dipadu Drill and Practice Guna Meningkatkan Keaktifan dan Ketuntasan Belajar

Hidayati, Miftakhul (Unknown)
Alifah, Maulida (Unknown)
Febrianita, Maya (Unknown)
Romadhona, Maya Rosa (Unknown)
Juwita, Mega Maduratna (Unknown)
Haq, Mellanie Nadya Azmi (Unknown)
Sujatmiko, Bambang (Unknown)
Wiyono, Wiyono (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 May 2025

Abstract

Kesulitan belajar peserta didik dalam memahami materi pembelajaran, salah satu penyebabnya yaitu kurang tepatnya model dan metode pembelajaran yang digunakan. Adapun penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui adanya peningkatan keaktifan dan ketuntasan belajar peserta didik kelas X TKJ 1 di SMKN 1 Surabaya ketika melakukan penerapan model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) dipadu dengan metode Drill and Practice pada mata pelajaran informatika materi algoritma pemrograman. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan runtutan kegiatan pra-siklus terlebih dahulu untuk mengetahui tingkat keaktifan dan ketuntasan belajar peserta didik. Kemudian melakukan proses pembelajaran siklus I menggunakan model pembelajaran PjBL dipadu dengan drill and practice, lalu dilanjutkan dengan siklus II. Perhitungan peningkatan keaktifan dan ketuntasan peserta didik dapat dilihat dari tahap pra siklus pada masing-masing siklus. Pada pra siklus diperoleh hasil 9% peserta didik yang aktif dan 11% peserta didik yang tuntas. Pada siklus I diperoleh hasil 40% peserta didik yang aktif dan 66% peserta didik yang tuntas. Kemudian pada siklus II diperoleh hasil 86% peserta didik yang aktif dan 89% peserta didik yang tuntas. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran project-based learning dipadu dengan metode drill and practice dapat meningkatkan keaktifan dan ketuntasan belajar peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...