Implementasi kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar sangat penting untuk diperhatikan karena guru memiliki peran sentral dalam membentuk pengalaman belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas V SDN 11 Mataram serta mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dihadapi selama proses pembelajaran. Metode yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif., dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi kompetensi pedagogik guru telah berjalan dengan cukup baik, meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perencanaan pembelajaran, pembelajaran yang mendidik dan dialogis, pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran, serta penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. Namun demikian, terdapat hambatan yang mempengaruhi pelaksanaan kompetensi guru. Hambatan internal mencakup kurangnya keterampilan guru dalam memanfaatkan teknologi informasi, sementara hambatan eksternal mencakup kondisi lingkungan belajar yang tidak mendukung dan beban administrasi guru yang berlebihan. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu meskipun implementasi kompetensi pedagogik guru secara keseluruhan sudah cukup baik, diperlukan upaya lebih lanjut untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut guna meningkatkan kualitas pembelajaran.
Copyrights © 2025