Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model post organizer berbantuan video pembelajaran terhadap penguasaan konsep peserta sumber energi peserta didik kelas X di MAN 1 Lombok Tengah ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian non equivalent control group. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X Fase E MAN 1 Lombok Tengah dengan jumlah 420 peserta didik, teknik pengambilan sample menggunakan purposive sampling dengan kelas X Fase E-1 sebagai kelas kontrol dan kelas X Fase E-4 sebagai kelas eksperimen. Kelas kontrol diberi perlakuan berupa model pembelajaran konvensional dan kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan model post organizer berbantuan video pembelajaran. Instrumen yang digunakan untuk mengukur penguasaan konsep sejumlah 15 soal pilihan ganda pada materi sumber energi yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Hasil pre-test dan post-test penguasaan konsep dianalisis normalitas dan homogenitas, serta uji independent sample t test untuk melakukan uji hipotesis. Kemudian uji N-Gain untuk melihat peningkatan penguasaan konsep per indikator. Analisis uji hipotesis menunjukkan bahwa ditolak dan diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model post organizer berbantuan video pembelajaran terhadap penguasaan konsep sumber energi peserta didik.
Copyrights © 2025