Evaluasi pembelajaran merupakan proses untuk mendapatkan data dan informasi yang diperlukan dalam menentukan sejauh mana dan bagaimana pembelajaran yang telah berjalan agar dapat membuat penilaian (judgement) dan perbaikan yang dibutuhkan untuk memaksimalkan hasilnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan mahasiswa terhadap performa dosen pada Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) FKIP Universitas Mataram. Penelitian ini didasarkan pada pentingnya peran dosen dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan perlunya evaluasi berkelanjutan terhadap kinerja dosen. Metode yang digunakan adalah metode survei deskriptif melalui penyebaran kuesioner kepada mahasiswa pada semester ganjil tahun akademik 2024/2025. Data yang diperoleh dianalisis oleh Gugus Penjaminan Mutu Prodi untuk dijadikan bahan evaluasi dan peningkatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum mahasiswa merasa puas terhadap performa dosen, terutama dalam aspek motivasi belajar, metode pembelajaran, penguasaan materi, serta komunikasi dosen dengan mahasiswa. Namun, masih ditemukan beberapa kelemahan salah satunya dosen yang jarang hadir. Temuan ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi perbaikan strategi pembelajaran dan pengembangan profesional dosen guna meningkatkan mutu pendidikan di Prodi PPKn.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025