Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar
Vol. 7 No. 2 (2025): Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar

Penerapan Problem Based Learning Berbasis Culturally Responsive Teaching untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Data Peserta Didik Kelas V SD

Mardatilla, Annisa (Unknown)
Masniladevi, Masniladevi (Unknown)
Rozalinda, Rozalinda (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VD SDN 11 Lubuk Buaya  materi data menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan  pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan deskriptif. Penelitian PTK dilaksanakan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus mencakup 4 tahap, yaitu yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VD SDN 11 Lubuk Buaya tahun pelajaran 2024/2025 sebanyak 26 orang peserta didik, terdiri dari 11 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Penelitian ini membuktikan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dan telah memenuhi standar ketuntasan  minimal ≥80%. Persentase ketuntasan pada tahap pra siklus adalah 23,08% yang setara dengan 6 orang peserta didik. Setelah dilakukan penelitian siklus I, persentase ketuntasan adalah 69,23% yang setara dengan 18 orang peserta didik. Setelah dilakukan perbaikan dan dilakukan penelitian siklus II, persentase ketuntasan mencapai 80,77% yang setara dengan 21 orang peserta didik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini dapat meningkatkan hasil belajar materi data peserta didik kelas VD SDN 11 Lubuk Buaya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnalpendidikandasar

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang Ruang Lingkup Pendidikan Dasar meliputi 5 bidang ...