Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 menjelaskan bahwa guru yang profesional akan menghasilkan proses dan hasil pendidikan yang bermutu dalam rangka mewujudkan insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi guru, lingkungan kerja dan motivasi kerja terhadap kreativitas guru SMK se-Kecamatan Semarang Selatan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif karena data berupa angka-angka dan dilakukan perhitungan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh komunikasi guru, lingkungan kerja dan motivasi kerja terhadap kreativitas guru SMK se-Kecamatan Semarang Selatan. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisis data menggunakan SPSS. Hasil uji validitas menunjukkan bahwa semua butir pertanyaan pada variabel memiliki r hitung r tabel, artinya valid. Semua variabel yang diuji memiliki nilai Cronbach’s Alpha yang lebih besar dari 0,60, yang menunjukkan bahwa semua instrumen pengukuran tersebut reliabel. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa komunikasi guru berpengaruh positif signifikan terhadap kreativitas guru, lingkungan kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kreativitas guru, motivasi kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kreativitas guru dan komunikasi guru, lingkungan kerja dan motivasi kerja secara bersama-sama berpengaruh positif signifikan terhadap kreativitas guru.Kata Kunci: Komunikasi Guru; Lingkungan Kerja; Motivasi Kerja; Kreativitas Guru
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024