Penelitian ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana permainan Domino Soal dapat meningkatkan pemahaman kognitif siswa terhadap materi sepakbola di SMP Negeri 20 Pekanbaru. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Sampel penelitian terdiri dari 37 siswa yang mengikuti permainan Domino Soal, yang berisi soal-soal terkait materi sepakbola, seperti aturan permainan, posisi pemain, teknik dasar, dan sejarah sepakbola. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa, dengan persentase siswa yang menjawab soal dengan benar meningkat dari 8,11% pada pre-test siklus pertama menjadi 59,46% pada post-test. Pada siklus kedua, adanya peningkatan dari 94,59% menjadi 100% sehingga siswa berhasil menjawab soal sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada post-test, yang menunjukkan penguasaan materi yang sangat baik. Selain meningkatkan pemahaman kognitif, permainan ini juga meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran, siswa menjadi lebih aktif dalam diskusi kelompok dan berbagi pengetahuan. Hasil ini menunjukkan bahwa permainan Domino Soal dapat menjadi metode pembelajaran yang efektif untuk mengajarkan konsep-konsep dasar sepakbola secara menyenangkan dan interaktif. Oleh karena itu, penggunaan permainan seperti Domino Soal dapat menjadi alternatif inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah-sekolah. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan metode pembelajaran yang lebih kreatif dan efektif di bidang olahraga.
Copyrights © 2025