Mudabbir: Journal Research and Education Studies
Vol. 5 No. 1 (2025): Vol. 5 No. 1 Januari - Juni 2025

Implementasi Pendidikan Karakter Menghargai Keberagaman Suku dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar

Rijal Sianturi (Unknown)
Yakobus Ndona (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi pendidikan karakter menghargai keberagaman suku dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar (SD). Keberagaman suku bangsa di Indonesia merupakan realitas sosial yang memerlukan penguatan karakter toleransi sejak dini. Sekolah dasar menjadi tempat strategis untuk menanamkan nilai-nilai tersebut melalui kegiatan pembelajaran yang terintegrasi dengan pendidikan karakter. Pendekatan penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dengan guru, serta dokumentasi kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai menghargai keberagaman suku dalam mata pelajaran, kegiatan tematik, dan budaya sekolah dapat meningkatkan kesadaran siswa terhadap pentingnya toleransi, kerja sama, dan rasa hormat terhadap perbedaan. Implementasi pendidikan karakter ini mendorong terbentuknya lingkungan pembelajaran yang inklusif, serta membangun pondasi kebhinekaan pada anak sejak dini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mudabbir

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Mudabbir (Journal Research and Education Studies) is Published by the Association of Indonesian Islamic Education Managers (PERMAPENDIS) North Sumatra. This journal aims to publish and disseminate the results of research and studies on education. Articles published in journals are the results of ...