Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan menulis surat dinas oleh siswa kelas VII SMP Pelita Medan. 2) untuk mengetahui kemampuan menulis surat dinas tanpa menggunakan model pembelajarann Project Based Learning dalam menulis surat dinas. 3) untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning dalam menulis surat dinas. Dalam penelitian ini memiliki beberapa masalah yaitu: 1) Bagaimana kemampuan siswa dalam menulis surat dinas dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada siswa kelas VII SMP Pelita Medan. 2) bagaimana kemampuan siswa dalam menulis surat dinas tanpa menggunakan model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan menulis surat dinas pada siswa kelas VII Pelita Medan. 3) apakah ada pengaruh model pembelajaran Project Based Learning dalam kemampuan siswa dalam menulis surat dinaspada siswa kelas VII Pelita Medan tahun pemebalajaran 2022-2023. Penelitian ini meruapakan penelitian kuantitatif dimana peneltian ini akan menghitung kemampuan menulis surat dinas. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari kelas VII A dan VII B. Jumlah siswa dalam penelitian ini berjumlah 54 siswa kelas kontrol dan 54 siswa kelas Eksperimen. Pada kelas kontrol terdapat nilai rata-rata 70,23 dan pada kelas eksperimen nilai rata-rata 92,31. Rincian nilai dalam kelas kontrol 56-70= 24 siswa (44%) dan nilai 40-55=30 siswa (55%). Sedangkan nilai pada eksperimen 86-100=44 siswa (81,4%) dan nilai 71-85=10 siswa (18,5%). Hasil uji hipotesis diperoleh =12,67,selanjutnya harga ini dibandingkan taraf signifikan ?=5% dengan Db= maka diperoleh = 1,983. Dapat diketahui bahwa > yaitu 12,67 > 1,983 maha diterima dengan hipotesis ada pengaruh pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan menulis surat dinas pada siswa kelas VII SMP Pelita Medan tahun pembelajaran 2023-2024.
Copyrights © 2025