Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran aktif melalui metode Small Group Discussion dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs Khadijah Tanjung Morawa. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya tingkat partisipasi dan pemahaman siswa terhadap materi Fiqih akibat dominasi metode ceramah satu arah. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan informan utama guru Fiqih dan siswa kelas VIII A. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Small Group Discussion mampu menciptakan suasana belajar yang aktif, di mana siswa tidak hanya mendengarkan tetapi juga terlibat langsung dalam berdiskusi, mengemukakan pendapat, dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan materi pelajaran. Guru berperan sebagai fasilitator yang membimbing dan mengarahkan jalannya diskusi kelompok kecil. Penerapan metode ini secara signifikan meningkatkan pemahaman siswa, ditandai dengan meningkatnya keberanian bertanya, partisipasi aktif dalam diskusi, serta kemampuan menjelaskan materi secara mandiri. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran aktif berbasis Small Group Discussion efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Fiqih, sekaligus mendorong mereka untuk lebih aktif dan bertanggung jawab dalam proses pembelajaran. Penelitian ini juga merekomendasikan agar guru lebih sering menggunakan metode aktif dan partisipatif dalam proses belajar mengajar, terutama pada pelajaran yang menuntut pemahaman konseptual dan aplikatif seperti Fiqih.
Copyrights © 2025