Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran Discovery learning terhadap prestasi hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs Swasta Darul Aman Medan tahun ajaran 2025/2026. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental tipe one-group pretest-posttest. Sampel penelitian adalah 61 siswa kelas VIII. data dikumpulkan melalui tes pretest dan posttest, serta dianalisis menggunakan uji one-sample t-test dan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode Discovery learning, dengan rata-rata nilai posttest mencapai 80,6 (kategori tinggi). Uji one-sample t-test menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (<0,05), sedangkan uji N-gain menunjukkan peningkatan sebesar 0,73 atau 73% (kategori tinggi). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode Discovery learning efektif dalam meningkatkan prestasi hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MTs Swasta Darul Aman Medan tahun 2025.
Copyrights © 2025