Mudabbir: Journal Research and Education Studies
Vol. 5 No. 2 (2025): In Process

Pengembangan Media e-Modul Interaktif Berbantuan Nearpod pada Materi Energi Terbarukan Kelas X SMAN 10 Makassar

Evy Setyaningsih (Unknown)
Ali Umar Dani (Unknown)
Munirah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2025

Abstract

Pendidikan merupakan suatu hal yang harus dicapai setiap individu untuk kehidupannya di masa depan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui a) Produk pengembangan media e-modul interaktif berbantuan Nearpod pada materi energi terbarukan kelas X SMAN 10 Makassar b) Tingkat kevalidan media e-modul interaktif berbantuan Nearpod pada materi energi terbarukan kelas X SMAN 10 Makassar c) Tingkat kepraktisan media e-modul interaktif berbantuan Nearpod pada materi energi terbarukan kelas X SMAN 10 Makassar d) Tingkat keefektifan media e-modul interaktif berbantuan Nearpod pada materi energi terbarukan kelas X SMAN 10 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau R&D (Research and Development) dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan e-modul interaktif berbantuan nearpod pada materi energi terbarukan yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan atau R&D (Research and Development). Model pengembangan media pembelajaran ini dikembangkan berdasarkan model pengembangan Four-D (Define, Design, Development, Desseminate). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X Mipa 4 SMA Negeri 10 Makassar. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai validitas yang diperoleh untuk modul sebesar 0,76. Nilai tersebut berada pada rentang kategori valid. Hal ini menunjukan bahwa e-modul pembelajaran berbantuan nearpod telah valid dan layak digunakan. Tingkat kepraktisan modul didasarkan atas hasil respons pengguna modul oleh guru dan peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa e-modul pembelajaran berbantuan nearpod terhadap respon peserta didik berada pada persentase 63,33% sangat Praktis dan 36,67% praktis, sedangkan respon guru sebesar 100% sangat praktis. Tingkat keefektifan modul didasarkan pada hasil belajar dengan persentase 83% peserta didik memperoleh ketuntasan belajar di atas KKM. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul pembelajaran berbantuan nearpod yang dikembangkan memiliki kategori valid, praktis, dan efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mudabbir

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Mudabbir (Journal Research and Education Studies) is Published by the Association of Indonesian Islamic Education Managers (PERMAPENDIS) North Sumatra. This journal aims to publish and disseminate the results of research and studies on education. Articles published in journals are the results of ...