Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam
Vol 15 No 1 (2025): 2025

INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS TOLERANSI BERAGAMA ANTAR SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 11 TELLO BARU MAKASSAR

Akbar, Husna (Unknown)
Malli, Rusli (Unknown)
Muslimin, Abdul Azis (Unknown)
Sumiati, Sumiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2025

Abstract

Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Berbasis Toleransi Antar Siswa di SMP Muhammadiyah 11 Tello Baru Makassar. Dibimbing oleh Rusli Malli dan Abdul Azis Muslimin. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui internalisasi nilai-nilai Pendidikan Islam di SMP Muhammadiyah 11 Tello Baru Makassar, (2) Untuk mengetahui proses Internalisasi nilai-nilai Pendidikan Islam berbasis toleransi antar siswa di SMP Muhammadiyah 11 Tello Baru Makassar, (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menginternalisasikan nilai- nilai Pendidikan islam berbasis toleransi antar siswa di SMP Muhammadiyah 11 Tello Baru Makassar.Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian adalah Kepala Sekolah, Guru PAI, dan siswa non muslim Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Penelitian ini menghasilkan bahwa: 1) Internalisasi nilai-nilai Pendidikan islam yang di tanamkan kepada peserta didik di SMPN Muhammadiyah 11 Tello Baru Makassar, yaitu nilai akidah, nilai syariah, dan nilai akhlak. Pada nilai akidah yang ditanamkan di SMP Muhammadiyah 11 Tello Baru nilai akidah yang meliputi pengajaran secara lisan dan pengajaran melalui perilaku. Pada nilai syariah yang di utamakan yaitu kegiatan keagamaan yang bersumber dari Alquran dan nilai akhlak yang ditanamkan, yaitu melalui kegiatan pembiasaan yang disesuaikan dengan ajaran islam. 2) Proses Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Berbasis Toleransi Antar siswa di SMP Muhammadiyah 11 Tello Baru Makassar, berlangsung dari dua aspek yaitu aspek komponen Internalisasi yang terbagi menjadi tiga komponen yaitu: Peserta didik, Guru PAI, Kepala Sekolah. Aspek proses internalisasi yang terbagi menjadi dua proses yaitu: Proses Kognitif dan Proses Afektif 3) Adapun faktor- faktor yang menghambat dan mendukung internalisasi nilai- nilai pendidikan agama islam berbasis toleransi antar umat beragama di SMP Muhammadiyah 11 Tello Baru adalah Faktor Pendukung yang meliputi kemampuan pendidik dalam menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan islam berbasis toleransi antar umat beragama yang baik, kebijakan sekolah yang toleran, dan kesadaran siswa yang tinggi mengenai toleransi dan Faktor penghambat meliputi : pengaruh media sosial yang provokatif sehingga menimbulkan sikap fanatisme yang berlebihan dan pengaruh lingkungan luar yang negatif. 

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mudarrisuna

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal MUDARRISUNA (JM) publishes scholarly articles on education science and Islamic education in particular, based on researches and project reports, book reviews. Jurnal MUDARRISUNA (JM) accepts submission in the field of education science and Islamic education science in scope Aqeedah, Morals, ...