Perkembangan teknologi membawa perubahan besar di berbagai sektor, termasuk pendidikan. Transformasi ini meningkatkan keterlibatan siswa dalam belajar serta memungkinkan desain kelas yang lebih interaktif. Salah satu inovasi yang memanfaatkan teknologi adalah game edukasi. Penelitian ini mengembangkan game edukasi 2D untuk membantu meningkatkan hafalan hadits dengan pendekatan design thought. Proses pengembangan melalui lima tahapan utama: memahami kebutuhan pengguna (empati), merancang masalah, mengembangkan ide, membuat prototype, dan melakukan pengujian. Pengujian prototype dilakukan dengan metode System Usability Scale (SUS) dan User Experience Questionnaire (UEQ). Skor rata-rata SUS yang diperoleh dari pengujian adalah 76, yang artinya tingkat kegunaan prototype berada pada kategori sangat baik. Hasil UEQ menunjukkan nilai Excellent pada aspek Daya Tarik, Kejelasan, Ketepatan, Stimulasi, dan Kebaruan, serta Baik pada aspek Efisiensi. Temuan ini menegaskan bahwa pendekatan design thought efektif dalam menciptakan UI/UX yang inovatif, menarik, dan mudah digunakan. Oleh karena itu, desain game ini berkontribusi pada inovasi pembelajaran berbasis teknologi, khususnya dalam pendidikan agama, dengan membantu proses hafalan hadits secara lebih menyenangkan dan efektif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025