Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
Vol 9 No 2 (2025): Volume 9, Nomor 2 Tahun 2025

Perbedaan Hasil Belajar IPA Kompetensi Pembiasan Cahaya antara Metode Inkuiri Terbimbing dan Metode Demonstrasi

Rifiasari, Liya Retno (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif yang menggunakan pengukuran data statistik objektif melalui perhitungan ilmiah berdasarkan sampel dan populasi pada beberapa sekolah dasar di wilayah Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri. Sedangkan desain penelitian dalam penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu (kuasi eksperimen) didefinisikan sebagai eksperimen yang memiliki perlakuan atau pengukuran dampak, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diseleksi tanpa prosedur penempatan acak (without random assigment). Hasil dari penelitian ini dapat dilihat jika Fhitung untuk indeks prestasi ialah 0,38 dengan probabilitas 0,847. Oleh karena probabilitas 0,847 > 0,05 , maka Ho diterima, maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata indeks prestasi antara kelas kontrol dan kelas eksperiment adalah terdapat perbedaan hasil postest antara kelas kontrol dan kelas eksperiment. Hasil postest kelas eksperimen dengan menggunakan metode inquiry terbimbing dinyatakan lebih baik daripada hasil postest kelas kontrol dengan menggunakan metode demontrasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Riset_Konseptual

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual is a scientific journal published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar c.q. Faculty of Science Education. This journal appears in both electronic and printed versions. This journal is published 4 (four) times a year ie January, April, July, October. This ...