Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar modul menulis teks biografi berbasis literasi siswa kelas X SMA. Metode penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation, dan Evaluation) digunakan untuk melakukan penilaian terhadap modul menulis teks biografi. Populasi dan sampel adalah siswa kelas X.2 di SMA Negeri 8 Lubuklinggau. Pada penelitian ini pengumpulan data menggunakan instrumen wawancara dan angket, sedangkan pada analisis data menggunakan uji kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa bahan ajar modul menulis teks biografi berbasis literasi siswa kelas X SMA sangat valid, praktis, dan, efektif. Validasi bahasa memperoleh nilai V rata-rata 0,82, validasi materi diperoleh nilai V rata-rata 0,89, dan validasi desain dengan nilai V rata-rata 0,87. Angka persentase uji kepraktisan kelompok kecil memperoleh nilai 92%, presentase uji kepraktisan kelompok besar memperoleh nilai 89%, dan uji keefektifan memperoleh nilai 0,63%. Simpulan dari penelitian ini adalah modul menulis biografi berbasis literasi dapat meningkatkan kemampuan menulis biografi siswa, dan dapat digunakan sebagai bahan ajar.
Copyrights © 2025