LJLEL (Linggau Jurnal Language Education and Literature)
Vol. 5 No. 1 (2025): Linggau Jurnal Language Education and Literature

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARYA ILMIAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 LUBUKLINGGAU

Renaldi, Rahman (Unknown)
Nugroho, Agung (Unknown)
Ramadan Lazuardi, Dian (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah model pembelajran kooperatif tipe group investigation secara signifikan dapat menuntaskan kemampuan menulis latar belakang karya ilmiah siswa kelas XI SMA Negeri 4 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan eksprimen semu. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 4 Lubuklinggau dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI.5 yang terdiri dari 29 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes pretes dan postes. pretes kemampuan menulis latar belakang karya ilmiah menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretes 59,83 dengan 20,68% siswa tuntas dan 79,32% siswa tidak tuntas. Kemudian postes setelah treatment menggunakan model pembelajaran group investigation, nilai rata-rata postes 77,41 dengan 89,66% siswa tuntas dan 10,34% tidak tuntas, mengalami peningkatan. Simpulan, bahwa dengan menggunakan model pembelajran kooperatif tipe group investigation secara signifikan dapat menuntaskan kemampuan menulis latar belakang karya ilmiah siswa kelas XI SMA Negeri 4 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2023/2024.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ljlel

Publisher

Subject

Arts Education

Description

LJLEL (Linggau Jurnal Language Education and Literature) is a journal in the field of language learning, and literature, both Indonesian, regional and foreign. The LJLEL Journal is an OJS journal in the field of language and literature learning, both in Indonesian, and regional languages ​​and ...