Suluh Pendidikan: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan
Vol 23 No 1 (2025): SULUH PENDIDIKAN : Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan

PEMANFAATAN ICE BREAKING UNTUK MENINGKATKAN ANTUSI- ASME DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS XA SMA NEGERI 1 MENGWI

Yulia Dewi, Kadek Siska (Unknown)
Fitri Khaerunnisa (Unknown)
Gusti Ayu Diantha Dara Puspita (Unknown)
Riska Amira Zahrotunnisa (Unknown)
Ni Nyoman Karmini (Unknown)
I Ketut Budiarta (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penerapan ice breaking dalam meningkatkan antusiasme dan motivasi belajar siswa di kelas XA SMA Negeri 1 Mengwi. Ice breaking digunakan sebagai strategi pedagogis untuk mencairkan suasana kelas yang pasif dan meningkatkan kesiapan mental siswa sebelum memasuki pembelajaran inti. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan teknik survei melalui angket yang dibagikan kepada 25 siswa. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif, dan hasil menunjukkan bahwa 92% siswa merasa ice breaking membuat kelas lebih menyenangkan, 88% merasa lebih fokus, dan 85% lebih percaya diri dalam pembelajaran. Ice breaking terbukti berkontribusi terhadap peningkatan iklim emosional dan partisipasi aktif siswa. Oleh karena itu, strategi ini dianjurkan untuk diterapkan secara terencana dalam setiap pembelajaran guna membentuk lingkungan belajar yang kondusif, dinamis, dan memotivasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

suluh-pendidikan

Publisher

Subject

Education

Description

Sebagai media informasi ilmiah bidang pendidikan, baik berupa hasil penelitian, maupun kajian ...