Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 34 Kota Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah post-test only control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 369 siswa, dengan sampel penelitian diambil dari kelas VIIc dan VIId yang masing-masing terdiri dari 25 siswa, sampel dipilih menggunakan teknik sampel random sampling. Instrumen penelitian terdiri atas lembar penilaian dan keterampilan menulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji t dengan nilai = 170,29 > = 2,010635 maka ditolak diterima, artinya terdapat pengaruh signifikan dalam penggunaan media audio visual terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 34 Kota Bekasi, karena dengan menggunakan media pembelajaran tersebut menghasilkan rata-rata yang lebih tinggi sebesar 84,4 dibandingkan dengan nilai rata-rata dengan menggunakan media konvensional sebesar 41,74.
Copyrights © 2024