Jurnal Pendidikan Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan
Vol 25 No 02 (2024): PLPB: Jurnal Pendidikan Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan, Volume 25 Nom

Metode Studi Lapangan Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkembangbiakan Tumbuhan di Kelas VI MI Taufiqurrahmin II Kota Depok

Azis, Abdul (Unknown)
Syahroni (Unknown)
Setiasih, Dyah Anggun (Unknown)
Agustina, Victor (Unknown)
Ilis, N (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui metode studi lapangan di kelas VI MI Taufiqurrahman II, Depok, pada semester ganjil. Penelitian menggunakan metode Classroom Action Research dengan pendekatan kualitatif yang meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi dalam beberapa siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada nilai hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, nilai tertinggi mencapai 70 dan rata-rata 63,70 dengan tingkat ketuntasan 66,67%. Sedangkan pada siklus II, nilai tertinggi meningkat menjadi 90 dengan rata-rata 81,48 dan tingkat ketuntasan mencapai 92,59%. Peningkatan ini membuktikan bahwa metode studi lapangan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Dengan demikian, penerapan metode studi lapangan dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman dan prestasi belajar siswa di MI Taufiqurrahman II.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

plpb

Publisher

Subject

Education Environmental Science

Description

Jurnal Pendidikan Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan (PLPB) (E-ISSN: 2580-9199; P:ISSN: 1411-1829) is scientific journal providing researched paper on the subject of Environmental Education and Sustainable Development published two times a year (March and September) by The Population and ...