Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui metode studi lapangan di kelas VI MI Taufiqurrahman II, Depok, pada semester ganjil. Penelitian menggunakan metode Classroom Action Research dengan pendekatan kualitatif yang meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi dalam beberapa siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada nilai hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, nilai tertinggi mencapai 70 dan rata-rata 63,70 dengan tingkat ketuntasan 66,67%. Sedangkan pada siklus II, nilai tertinggi meningkat menjadi 90 dengan rata-rata 81,48 dan tingkat ketuntasan mencapai 92,59%. Peningkatan ini membuktikan bahwa metode studi lapangan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Dengan demikian, penerapan metode studi lapangan dapat dijadikan alternatif strategi pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman dan prestasi belajar siswa di MI Taufiqurrahman II.
Copyrights © 2024