Jurnal Pembelajaran Inovatif
Vol. 8 No. 1 (2025): Jurnal Pembelajaran Inovatif

Pengembangan Model Pembelajaran Capacity Building Program PKL Berbasis Ekonomi Kreatif

Iva Faizah (Unknown)
Muhammad Mujib Baidhowi (Unknown)
Hotman (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas program PKL berbasi Ekonomi Kreatif pada program studi Ekonomi Syariah dengan menggunakan model pembelajaran Capacity Building. Model penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah model CIPP yang merupakan kepanjangan dari Context, Input, Process and Product, model ini digunakan dengan tujuan mengevaluasi dan memperbaiki suatu program. Sample yang digunakan adalah mahasiswa Ekonomi Syariah pada semester 6 yang sudah mengikuti program PKL Hasil analisis program PKL berbasis Ekonomi Kreatif pada sisi evaluasi konteks dan input sebanyak 72% responden mengatakan bahwa program PKL berjalan dengan baik, pada evaluasi proses 67% responden mengatakan program PKL berjalan baik dan pada evaluasi produk responden mengatakan program PKL memberikan manfaat seperti pertambahan pengetahuan, menumbuhkan sikap tanggung jawab, dan perlunya diberikan kewenangan kepada mahasiswa untuk menentukan lokasi PKL secara mandiri yang menjadi hasil dari evaluasi produk.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Focus and Scope Focus Pembelajaran Inovatif mendorong dosen, mahasiswa, praktisi, pemerhati, peminat TP dan guru untuk meneliti, menelaah, mengkaji, menelurkan gagasan kreatif terkait proses belajar di abad 21 & pembelajaran dari pendekatan konvensional namun inovatif hingga menggunakan teknologi ...