Optika : Jurnal Pendidikan Fisika
Vol. 9 No. 1 (2025): OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika

EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PRAKTIKUM MATERI PENGUKURAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Febrianti, Tiara Jill Carissa (Unknown)
Fatmawati, Sri (Unknown)
Tuty, Libria (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan metode praktikum pengukuran terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan melalui metode quasi-eksperimen, di mana desain menggunakan satu grup pretest dan posttest. Dalam penilitan, 49 siswa mengikuti tes, menggunakan instrument soal esai. Teknik analisis data menggunakan SPSS 27. Hasil pretest dan posttest digunakan untuk mendapatkan data belajar. Hasil dari uji normalitas menunjukkan nilai pretest 63,77 dan nilai posttest rata-rata 88,34. Hasil uji t menunjukkan perbedaan signifikan antara variabel awal dan variabel akhir; nilai signifikansi pretest adalah 0,901 di atas 0,05, yang menunjukkan bahwa nilai tersebut juga berdistribusi normal. Nilai signifikansi posttest adalah 0,851 di atas 0,05, yang menunjukkan bahwa nilai tersebut juga berdistribusi normal. Ini menunjukkan bahwa variabel awal dan akhir berpengaruh satu sama lain secara signifikan. Dengan menggunakan SPSS 27, ukuran efek ditemukan nilai 1,8 dengan tingkat efektifitas 96 persen. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa 1,8 lebih dari 0,8 dalam kategori yang lebih tinggi. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan dengan menerapkan metode praktikum.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

optika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

OPTIKA adalah jurnal yang mengkomunikasikan kemajuan ilmiah di bidang pendidikan fisika dan ilmu fisika. OPTIKA juga melaporkan temuan baru yang signifikan terkait dengan pendidikan sains (IPA) pada tingkat dasar dan menengah, termasuk: pengembangan media pembelajaran, pengembangan metode ...