Optika : Jurnal Pendidikan Fisika
Vol. 9 No. 1 (2025): OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS GAME BASED LEARNING DENGAN SCRATCH PADA MATERI HUKUM NEWTON UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA

Sabilla, Alviana Maya (Unknown)
Sakir, Mohammad (Unknown)
Firdaus, Firdaus (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2025

Abstract

Perkembangan era digital telah membawa perubahan signifikan dalam dunia pendidikan, terutama dalam metode penyampaian materi dan pemahaman siswa terhadap pelajaran. Teknologi menjadi elemen penting dalam proses pembelajaran, sehingga diperlukan media interaktif yang menarik untuk mendukung efektivitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Game Based Learning menggunakan aplikasi Scratch pada materi Hukum Newton untuk siswa kelas XI Fisika. Metode penelitian yang digunakan adalah model ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi). Hasil penelitian menunjukkan: (1) validasi media memperoleh skor 97% dari ahli media dan 94% dari ahli materi, termasuk kategori sangat valid dan layak digunakan; (2) tingkat kepraktisan media dinilai sangat tinggi dengan skor 94% dari guru fisika dan 87% dari siswa; (3) efektivitas media terhadap pemahaman konsep terbukti secara signifikan melalui uji t dengan nilai  sebesar 8,971 dan nilai rata-rata n-gain sebesar 62,3%, yang masuk dalam kategori cukup efektif. Dengan demikian, bahwa media ini efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi Hukum Newton.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

optika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

OPTIKA adalah jurnal yang mengkomunikasikan kemajuan ilmiah di bidang pendidikan fisika dan ilmu fisika. OPTIKA juga melaporkan temuan baru yang signifikan terkait dengan pendidikan sains (IPA) pada tingkat dasar dan menengah, termasuk: pengembangan media pembelajaran, pengembangan metode ...