Digitalisasi di dalam sektor dimana hasil dari pertumbuhan yang sangat cepat dalam teknologi dan sistem informasi saat ini, salah satunya adalah e-commerce. Perkembangan teknologi memudahkan kita untuk tidak perlu menghabiskan waktu berbelanja langsung ke toko untuk membeli barang. E-commerce adalah cara untuk menjual barang yang diperlukan melalui toko online. Pelanggan yang menggunakan e-commerce dapat mengakses produk selama 24/7. Karena e-commerce dapat diakses kapan saja, waktu dan jarak bukanlah kendala lagi. Ketika mahasiswa berada dalam tahap yang sangat krusial dalam kehidupan mereka, mereka perlu memiliki sumber daya finansial sendiri dan mulai mengambil keputusan keuangan yang bijaksana. Mahasiswa tidak dapat mengendalikan kebutuhan dan keinginan yang tak terbatas berdampak pada manajemen keuangan, sehingga mereka tidak menerapkan konsep perilaku manajemen keuangan, yang menyebabkan gaya hidup konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pengaruh Belanja Online Terhadap Manajemen Keuangan Mahasiswa, 2) Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Manajemen Keuangan Mahasiswa, 3) Pengaruh Sikap Keuangan Terhadap Manajemen Keuangan Mahasiswa, 4) Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Manajemen Keuangan Mahasiswa. Populasi dan Sampel dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Universitas Prima Indonesia Program Studi Ilmu Hukum yang lahir pada tahun 1997 sampai dengan 2001 atau biasa di sebut dengan Gen Z. Hasil penelitian yang telah dilakukan membuktikan bahwa Belanja Online, Gaya Hidup, Sikap Keuangan, dan Literasi Keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Manajemen Keuangan mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum Universitas Prima Indonesia.
Copyrights © 2025