Pengenalan teknologi Internet of Things (IoT) dalam dunia pendidikan menjadi kebutuhan yang mendesak seiring berkembangnya era digital dan revolusi industri 4.0. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi teknologi IoT bagi guru dan siswa di SMAN 4 Surakarta. Pendekatan yang digunakan adalah edukasi interaktif berbasis ceramah partisipatif, diskusi, serta simulasi penerapan IoT di lingkungan sekolah. Kegiatan ini melibatkan 36 siswa dan 10 guru sebagai peserta aktif. Hasil evaluasi melalui kuesioner menunjukkan bahwa lebih dari 85% peserta merasa puas dengan materi, metode penyampaian, dan manfaat kegiatan. Kegiatan ini tidak hanya meningkatkan pemahaman konsep dasar IoT, tetapi juga menumbuhkan kesadaran akan potensi penerapan IoT dalam mendukung proses belajar mengajar serta manajemen sekolah. Kegiatan ini memberikan dampak positif bagi mitra dan berpotensi direplikasi di sekolah lain.
Copyrights © 2025