Basica
Vol. 3 No. 2 (2023)

Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar

Malik, Rena Fadilah (Unknown)
Riafadilah, Anggi (Unknown)
Rahayu, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) terhadap hasil belajar bangun ruang siswa kelas V SD Muhammadiyah Jonggol, serta mengetahui model pendekatan yang sudah diterapkan guru dapat meningkatkan hasil belajar bangun ruang balok dan kubus siswa kelas V SD Muhammadiyah Jonggol. Populasi dalam peelitian ini adalah siswa SD Muhamadiyah Jonggol dengan sample diambil secara acak menggunakan satu kelas eksperimen yaitu kelas V sehingga tidak ada kelas kontrol. Instrumen yang diginakan dalam pelaksanaan penelitian ini adalah tes pilihan ganda materi bangun ruang balok dan kubus. Analisis data menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian Grup Tunggal Pretest-Posttest. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) Terdapat pengaruh antara pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) terkait hasil belajar materi bangun ruang balok dan kubus siswa kelas V SD Muhammadiyah Jonggol; (2) Terdapat peningkatan hasil belajar materi bangun ruang balok dan kubus siswa kelas V SD Muhammadiyah Jonggol.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

basica

Publisher

Subject

Arts Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Mathematics Physics

Description

a journal that publishes original writings from the results of literature studies research for sciences results biology physics science education elementary school arts education and childrens learning creativity. Islamic Primary Education Journal published biannually in June and December including ...