Inovasi Pendidikan Fisika
Vol. 1 No. 1 (2012)

Pengaruh Penerapan Metode Eksperimen dengan Model Pengajaran Langsung (Direct Instruction) ‎Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X pada Materi Perpindahan Kalor di SMA Negeri 1 ‎Kedungadem Bojonegoro

Prasetya, Afif Yuli Candra (Unknown)
Suliyanah, Suliyanah (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2025

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di SMA Negeri 1 Kedungadem diketahui bahwa selama ini siswa mengalami kesulitan dalam melakukan kegiatan eksperimen. Oleh sebab itu, peneliti mencoba menerapkan suatu metode eksperimen dengan model pengajaran langsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan pengaruh metode eksperimen dengan model pengajaran langsung terhadap prestasi belajar siswa pada materi perpindahan kalor. Penelitian ini menggunakan desain “True Experimental Design”. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kedungadem yang berjumlah lima kelas. Sampel penelitian terdiri dari tiga kelas eksperimen (X-1, X-2, X-3) dan satu kelas kontrol (X-4).Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen dengan model pengajaran langsung dapat meningkatkan prestasi siswa pada materi perpindahan kalor di SMA Negeri 1 Kedungadem.

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

inovasi-pendidikan-fisika

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan fisika meliputi bidang Filsafat dan Kurikulum, Inovasi Pembelajaran, Media Pembelajaran dan Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika diterbitkan secara berkala oleh Program Studi Pendidikan ...