Inovasi Pendidikan Fisika
Vol. 2 No. 2 (2013): Vol. 2 No. 2 Tahun 2013

Penerapan Model Pembelajaran Konsep dengan Mengintegrasikan Teknik Skimming Terhadap ‎Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMAN 18 Surabaya‎

Fauziyah, Nur Aini (Unknown)
Suliyanah, Suliyanah (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jun 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran konsep dengan mengintegrasikan teknik skimming terhadap prestasi belajar siswa pada sub materi pokok perpindahan kalor. Pada penelitian ini, skimming yang merupakan teknik membaca cepat berperan dalam meningkatkan kesiapan siswa untuk belajar sehingga siswa dapat berperan aktif dalam pembelajaran dan dengan pembelajaran konsep siswa dapat mengeluarkan pendapat mengenai konsep yang telah mereka temukan dalam kehidupan sehari-hari (contoh dan non contohnya) sehingga siswa lebih mudah untuk menerima dan memahami konsep yang diajarkan serta bersikap lebih kritis. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMAN 18 Surabaya dan rancangan penelitian yang digunakan adalah true experiment design. Berdasarkan analisis aspek kognitif siswa menggunakan uji-t dua pihak dan uji-t satu pihak diperoleh hasil bahwa prestasi belajar siswa di kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan prestasi belajar siswa di kelas kontrol. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa pembelajaran konsep dengan mengintegrasikan teknik skimming yang diterapkan pada penelitian ini berjalan dengan baik, hal ini didapat dari pengamatan. Respons siswa terhadap pembelajaran konsep dengan mengintegrasikan teknik skimming secara umum baik, hal ini ditunjukkan pada respons siswa tertinggi terdapat pada aspek kelima dan keenam yaitu siswa lebih termotivasi untuk belajar dan lebih berani menyampaikan pendapat persentase sebesar 85,87% dan tergolong baik sekali.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

inovasi-pendidikan-fisika

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan fisika meliputi bidang Filsafat dan Kurikulum, Inovasi Pembelajaran, Media Pembelajaran dan Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika diterbitkan secara berkala oleh Program Studi Pendidikan ...